Efek Brandambasador dalam Bursa Saham

foto diambil dari instagram @bibit.id

Technologi semakin hari semakin canggih sehingga memunculkan beragam variasi dalam dunia bisnis yang semakin hari mengikuti teknologi dengan cara perusahaan melebarkan sayapnya di dunia penjualan dengan melepas sebagian saham dari perusahaannya untuk meninggatkan penjualan dan memperluas koleganya.

Sesuai dengan situasi pandemic seperti sekarang masyarakat diharuskan berpikir lebih kritis lagi untuk menghadapi situasi seperti sekarang apalagi jika dikaitkan dengan perekonomian. Banyak masyarakat beralih profesi dengan work from home. Tidak jarang banyak masyarakat tertarik dengan saham atau nabung saham atau berinvestasi yang tujuannya tidak lain adalah untuk masa depan.

foto diambil dari instagram @bibit.id

Saat teknologi semakin berkembang dunia bisnis pun tidak mau kalah, inovasi yang dilakukan perusahaan salah satunya adalah membuat platform reksa dana sebagai pengembangan pasar saham yang akan ditawarkan perusahaan kepada masyarakat luas yang berminat terjun ke dalam bisnis saham dengan cara yang lebih praktis yaitu sistem online. Kalau kita lihat di playstore banyak aplikasi atau platform yang menyediakan aplikasi yang berbasis bisnis keuangan (investasi) salah satunya reksa dana atau saham yang dapat diakses oleh masyarakat yang berminat untuk terjun di dunia saham. Platform diantaranya seperti Bibit.id, Ajaib, HSB Investasi, Pluang, Raiz, Bareksa.

screenshoot dari playstore

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, kita cari tahu terlebih dahulu apa itu saham ?

Saham adalah investasi terbaik. Saham adalah suatu dokumen berharga yang mampu menampilkan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Artinya, saat seorang memutuskan untuk membeli saham, maka sebenarnya orang tersebut sudah membeli sebagian dari kepemilikan perushaan yang dibelinya.

Dalam saham yang berbasis digital yang menggunakan platform atau aplikasi masyarakat dapat membeli saham dari beberapa perusahaan yang ada dalam platform tersebut diantaranya seperti dari pihak BNI, BRI, Bukopin, Panin, Astra, Alam Sutra, Danamon, CIMB Niaga, Maybank Indonesia dan sebagainya.

Melalui adanya aplikasi masyarakat diharapkan dapat mengenal lebih dekat mengenal insvestasi saham, nabung saham, serta bagaimana cara kerja dari insvestasi saham, reksadana, dan keuntungan yang di dapat jika kita bergabung di perusahaan dengan membeli sebagian saham tersebut.

Bagaimana strategi perusahaan untuk menarik minat masyarakat untuk membeli saham mereka ?

Sekarang ini banyak yang membicarakan tentang saham investasi, mulai dari kalangan masyarakat bahkan sampai artis pun sebagian berminat terjun berinvestasi saham. Dalam kesempatan ini perusahaan berpikir untuk mengingkatkan penjualan produk mereka dengan bekerja sama artis sebagai brandambasador dari produk mereka. Jika penjualan produk mereka sukses dipasaran otomatis saham mereka akan ikut naik.

Dalam perusahaan strategi marketing sangatlah diperlukan, perusahaan untuk melepas sahamnya juga membutuhkan kerjasama dengan brandambasador sebagai icon dari perusahaan mereka atau bahkan produk mereka. Melalui brandambasador yang diperkenalkan di masyarakat, perusahaan mengharapkan antusias dan menarik minat masyarakat bahwa artis juga ikut bergabung dalam insvestasi saham.

Seperti halnya di media social instagram milik @bibit.id mereka mempromosikan aplikasi platform digital mereka yang berbasis keuangan dan investasi dengan cara bekerja sama atau berkolaborasi dengan artis Dedy Corbizer dan Raditya Dika. Selain itu dalam bursa saham Internasional seperti brand dari produk ternama yaitu Prada juga menggunakan brandambasador yaitu Chanyoel EXO, Zheng Shuang, dan Irene Red Valet. Ada juga brand produk dari Fila dan Samsung yang bekerja sama dengan Idol BTS, hal ini akan memungkinkan meningkatkan saham mereka karena produk mereka laris dipasaran terlebih di pasar global.

Jadi mengenai pasar saham kita harus belajar terlebih dahulu agar kita paham bagaimana cara kerja investasi saham dan keuntungan yang di dapat sehingga dapat meminimalisir sewaktu-waktu saham menjadi anjlok. Dan bagi perusahaan keuntungan bekerja sama dengan brandambasador selain meningkatkan penjualan produk, hal ini juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya kurva pada saham perusahanan hal ini mungkin terjadi karena meningkatnya permintaan produk penjualan yang di promosikan brandambasador ternama sehingga ini akan berpengaruh terhadap naiknya nilai saham perusahaan. 


Komentar